Wednesday, September 10, 2014

MA #122: Kisah Nabi Yunus

(فَاصْبِرْ لِحُكْمِ رَبِّكَ وَلَا تَكُنْ كَصَاحِبِ الْحُوتِ إِذْ نَادَىٰ وَهُوَ مَكْظُومٌ) [Surat Al-Qalam : 48]

via @QuranAndroid

Afwan ustadz mau tanya tentang ayat diatas bahwa Allah menyatakan agar Rasulullah jangan seperti penghuni perut ikan paus yaitu nabi Yunus. Ada apa dengan nabi Yunus? Jazakallah khairan.

Kisah nabi yunus

Nabi Yunus diutus oleh Allah kesebuah kampung bernama “Niinawi”/ "نينوى". Mereka diajak untuk beribadah hanya kepada Allah semata. Tapi mereka menolak. Lantas nabi Yunus marah dan keluar dari kampung mereka dan mengancam dengan adzab Allah akan menimpa mereka setelah tiga hari. Merekapun takut dengan ancaman tersebut, akhirnya mereka keluar dari kampung mereka menuju padang pasir bersama kerabat dan harta mereka, di padang pasir mereka memohon kepada Allah dengan penuh kehinaan agar Allah tidak menurunkan siksaan tersebut.

Allahpun mengabulkan permintaan mereka. Sebagaimana termaktub dalam ayat :

{ فَلَوْلا كَانَتْ قَرْيَةٌ آمَنَتْ فَنَفَعَهَا إِيمَانُهَا إِلا قَوْمَ يُونُسَ لَمَّا آمَنُوا كَشَفْنَا عَنْهُمْ عَذَابَ (3) الْخِزْيِ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَمَتَّعْنَاهُمْ إِلَى حِينٍ } [يونس:98] .

Sedangkan nabi Yunus sendiri pergi dan berlayar dengan sebuah kapal bersama para penumpang di dalamnya. Hingga datanglah ombak besar menghempas perahunya.Mereka khawatir akan tenggelam bersama. Maka diadakanlah undian siapa yang keluar namanya maka akan dilempar ke laut untuk meringankan beban, dan akhirnya keluarlah nama nabi Yunus setelah berulang kali diadakan undian.

Akhirnya Nabi Yunus pun melemparkan dirinya ke laut, dan disaat itu pula Allah mengirim seekor ikan paus yang besar agar memangsanya, bukan untuk dimakan tapi sebagai tempat penjara bagi nabi Yunus. Tapi akhirnya beliau berdoa dan mengakui kesalahannya kepada Allah, kemarahannya kepada kaumnya dan kepada Allah dan ketidak sabarannya dalam mengemban amanah.

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (الانبياء : 88)

Syekh Al-jazaairi memberikan faedah dari cerita nabi Yunus diantaranya adalah:

"Kewajiban untuk senantiasa bersabar ketika berdakwah, apapun kesulitan yang dihadapinya."

Allahualmbishowab.

No comments:

Post a Comment