Saturday, September 13, 2014

MA #132: Shalat di mesjid yang penuh dengan praktek bid'ah

Assalamu'alaykum, ustadz. Ana ditugaskan bekerja di luar kota, qadarallah ana disediakan tempat tinggal di perkampungan penduduk setempat. Ketika shalat berjamaah di masjid setempat, ana menjumpai beberapa hal, di antaranya sebelum & sesudah adzan mengucapkan pujian-pujian yang panjang dengan pengeras suara, menggunakan bunyi sirine sebelum adzan, imam tidak memerintahkan merapatkan shaf, sehingga makmum shalat dengan renggang, gerakan & bacaan dalam shalatnya cepat hampir tidak tuma'ninah, setelah shalat berdzikir dengan suara nyaring & pengeras suara.

Yang manakah yang lebih utama, ana tetap bermakmum shalat di masjid tersebut atau shalat sendiri di rumah? Mohon nasihatnya ustadz, bagaimana ana menyikapinya. Jazakallahukhoir wa barakallahufik.

Kalau memang hanya masjid itu saja yang bisa untuk berjamaah, maka berjamaah lebih baik, mengingat hukum berjamaah dalam shalat menurut pendapat yang benar adalah wajib. (Fatwa Lajnah Daaimah). Sedangkan berkenaan dengan bid'ah-bid'ah yang ada, jika tidak sampai mengeluarkan seseorang dari ke-Islaman maka shalatnya insyaAllah, tetap sah. Tapi jika imamnya telah melakukan bid'ah yang telah mengeluarkan dari Islam, maka shalat dibelakangnya tidak sah. (Misal bid'ah yang mengeluarkan dari Islam, bidah kesyirikan, semisal meminta tolong / istighostah kepada selain Allah, dll). (Fatwa Lajnah Daaimah).

Dan barangkali itu juga merupakan ladang dakwah dan kewajiban kita untuk menyebarkan ilmu yang shahih, karena bisa jadi mereka melakukan hal tersebut karena memang tidak memiliki ilmu dan sifatnya hanya turun temurun dari kakek nenek moyang mereka saja. Kita tidak tahu barangkali dengan usaha kita mendakwahi mereka, Allah bukakan pintu hidayah untuk mereka. Memang hal ini bukanlah sesuatu yang ringan tapi penuh dengan tantangan dan rintangan, tapi yakinlah bahwa Allah berjanji untuk menolong siapa saja yang menolong dan menegakkan agamaNya dan menguatkan langkah mereka.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا إِنْ تَنْصُرُوا اللَّهَ يَنْصُرْكُمْ وَيُثَبِّتْ أَقْدَامَكُمْ (7) [محمد/7]
 
“Wahai orang-orang yang beriman jika kalian menolong agama Allah, maka niscaya Allah akan menolong kalian dan mengokohkan pijakan-pijakan kalian.” (Qs. Muhammad 7)

Allahualmbishowab.

No comments:

Post a Comment